Garasi Modifikasi – Halo sodara. Kali ini yang akan dibagikan adalah Cara Pasang Kabel Pin-Out Speedometer Motor Tanpa Soket, dalam hal ini adalah speedometer digital original pabrikan. Sebelum lebih jauh, seperti biasa simak terlebih dahulu beberapa penampakan berikut ini :

 

Seiring perkembangan teknologi, speedometer original dari pabrikan motor juga semakin bagus. Mengusung teknologi digital dengan bentuk, desain, serta fitur yang menarik hati untuk memasang di motor kesayangan. Beberapa speedometer digital original pabrikan yang sering diaplikasikan di motor lain diantaranya adalah speedometer NVL, speedometer Satria FU Injeksi, speedometer Beat Street, dan masih banyak yang lain.

Salah satu kendala dalam mengaplikasikan speedometer milik motor lain adalah soket speedometer. Banyak sekali model soket yang digunakan di speedometer digital masa kini. Selain itu mencari soket speedometer yang ingin digunakan adalah sangat sulit. Meskipun ada, itu termasuk dalam satu paket dengan kabel bodi yang harganya cukup membuat kantong bolong.

Banyak juga pertanyaan dari sobat blog tentang bagaimana memasang kabel pin-out speedometer tanpa menggunakan soket speedometer. Karena memang selama ini di Garasi Modifikasi atau Ron’s Project tidak pernah menggunakan soket speedometer dalam pemasangan kabel pin-out di speedometernya.

Untuk itu, saya bagikan 2 cara pasang kabel pin-out speedometer motor tanpa soket yang masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi silahkan sodara pilih cara yang menurut sodara mudah.

1. Solder langsung di Pin-Out Speedometer

Cara pertama ini adalah kabel langsung disolder (disambung) langsung pada pin-out speedometer. Cara ini membutuhkan keterampilan dan ketelitian yang super. Pastikan sodara memiliki kemampuan menyolder dengan baik karena keterbatasan ruang soket di speedometer serta banyaknya pin-out yang ada di ruang soket tersebut. Selain itu pastikan tidak ada yang tersambung antara pin satu dengan pin yang lain. Akibat paling buruk ketika ada pin yang saling terhubung (hubungan pendek) maka speedometer bisa rusak.

2. Menggunakan Soket Speedometer Universal

Cara kedua ini lebih mudah dari cara pertama. Namun cara kedua ini tidak pernah digunakan oleh om Roni RMS. Kendalanya apabila menggunakan soket speedometer universal adalah soket bisa longgar atau lepas dari pin-out sehingga speedometer bisa terganggu. Jadi ketika sodara menggunakan soket speedometer universal pastikan agar tidak mudah lepas apa pun caranya. Untuk membeli soket speedometer universal seperti ini bisa dicari di toko online kepercayaan sodara maupun toko-toko listrik terdekat di kota sodara.

Kedua cara tersebut sudah memiliki resiko masing-masing dan resiko tersebut ditanggung penumpang. Memang kelihatannya sepele dan sederhana. Tapi ketika resiko itu muncul bisa jadi panjang buntutnya. Apabila sodara domisili di kota Surabaya, sodara bisa langsung menuju Ron’s Project milik om Roni RMS untuk pemasangan speedometer digital di motor kesayangan agar semakin mantab…

Cukup sekian sodara untuk kali ini tentang Cara Pasang Kabel Pin-Out Speedometer Motor Tanpa Soket. Kunjungi juga Blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru tentang modifikasi motor. Tetap minum kopi sodara biar tidak ada salah paham, terima kasih, dan semoga bermanfaat.