Garasi Modifikasi – Halo sodara. Kembali ke topik tentang kelistrikan yaitu Modifikasi Fullwave Yamaha NVL atau New Vixion Lightning. Seperti biasa sodara, simak dulu beberapa penampakan berikut ini :

 

Pada dasarnya modifikasi fullwave Yamaha NVL ini sama dengan atau mirip dengan motor-motor pabrikan Yamaha yang lain. Perbedaannya hanya di letak atau posisi spull, posisi kiprok, dan posisi kabel output dari spull. Hanya Yamaha NVL yang masih menganut sistem halfwave. Untuk Old Vixion dan Vixion Facelift sudah menganut sistem kelistrikan fullwave dari pabrikan.

Baca: Sistem Kelistrikan Fullwave Pada Motor

Pertama, jelas adalah membeli kiprok Tiger original. Di pasaran dijual sekitar harga 275 ribu. Letak kiproknya di sebelah kanan persis di bawah jok. Kiprok Yamaha NVL sama persis dengan Mio J, Soul GT, dan X-Ride. Berarti langkah-langkah fullwave ini juga bisa dilakukan untuk motor-motor tersebut hanya beda letak kabel dan sejenisnya namun prosesnya sama.

Baca: Modifikasi Fullwave pada Motor Yamaha

Selanjutnya mencari kabel output dari spull. Letaknya di sebelah kiri tepat di bawah tangki bensin terdapat soket terdapat kabel putih+putih dan tersambung dengan putih hitam. Soket satunya jangan diutak-atik yang ada kabel putih+pink, itu kabel pulser yang terhubung dengan RPM di speedometer.

Kabel putih yang tersambung dengan kabel hitam dilepas dari soket dan kemudian kabel putih tersebut disambung dengan kabel tambahan (secukupnya) yang akan digunakan sebagai jalur charging pada kiprok Tiger. Pasang kiprok Tigernya beserta soket dan sambung kabel sesuai jalur yang sudah ada pada gambar diatas.

Pada kiprok Tiger jalur kabelnya adalah kabel merah atau jalur positif (+) aki masuk pada soket no. 1. Soket no. 2 adalah jalur menuju output kontak dan sambung kabel kuning dari kiprok bawaan di jalur ini. Soket no. 3 adalah kabel hitam atau jalur negatif (-) aki. Soket no. 4 adalah kabel putih dari jalur kiprok bawaan NVL dan yang terakhir soket no. 5 adalah jalur charging yang diambil dari kabel tambahan yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Setelah pemasangan modifikasi Fullwave Yamaha NVL selesai, saatnya dicoba. Ketika berhasil maka semua akan menyala normal seperti sebelumnya. Satu hal yang harus diperhatikan sodara setelah modifikasi Fullwave Yamaha NVL ini berhasil adalah indikator lampu jauh tidak menyala. Hal tersebut dikarenakan indikator lampu jauh pada speedometer NVL masih menggunakan arus AC sebagai umpan. Agar indikator lampu jauh bisa berfungsi juga ada caranya. Caranya kurang lebih sama dengan yang sudah dijelaskan di blog-blog lainnya hehehe…

Pastikan sodara mengerti betul tentang kelistrikan dalam melakukan modifikasi Fullwave Yamaha NVL ini. Kalo ada gagalnya bisa panjang buntutnya. Kalo bingung atau tidak mau repot dan berdomisili di Surabaya silahkan ke Ron’s Project bertemu dengan Bang Roni. Beliau adalah mekanik yang handal untuk urusan kelistrikan. Masalah ongkos sebesar 100 ribu saja sodara.

Terakhir dan penting sodara, ini semua adalah modifikasi. Jadi tanggung sendiri resikonya. Jangan alasan duit cekak minta garansi ke bengkel bla bla bla.. Kalo dompetnya lagi sobek jangan main modifikasi sodara, berbanggalah dengan motor standar. Sesuatu hal yang lucu, mau mainan modifikasi tapi tidak mau nanggung resikonya, saya juga mau sodara hahahaha…

Demikian update dari saya tentang modifikasi Fullwave Yamaha NVL. Kunjungi Blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru tentang modifikasi motor, tetap minum kopi biar semangat, terima kasih, dan semoga bermanfaat.