Garasi Modifikasi – Halo sodara. Setelah beberapa waktu lalu membahas tentang Wiring Diagram Speedometer Beat Street Pin-Out Soket maka kali ini yang dibahas adalah Modifikasi Speedometer Beat Street di Vario 150 ESP. Seperti biasa simak dulu beberapa penampakan berikut ini :

 

Foto di atas adalah hasil modifikasi Honda Vario 150 dengan menggunakan konsep Beat Street yaitu menggunakan stang terbuka dan speedometer Beat Street. Yang menjadi fokus pembahasan di sini adalah bagaimana speedometer Beat Street di Vario 150 bisa berfungsi dan bekerja dengan akurat.

Pertama yang perlu sodara perhatikan adalah soket speedometer. Soket kedua speedo ini sangat berbeda. Soket speedometer Vario 150 seperti soket Supra X 125, NVL, dan sejenisnya. Sedangkan soket speedometer Beat Street tergolong baru untuk kategori soket speedometer. Jadi sodara harus melakukan penyesuaian pada soket speedo ini. Caranya terserah dan bebas yang sodara bisa.

Kedua adalah tentunya wiring pinout soketnya. Bagi sodara yang ingin cari Wiring Diagram Speedometer Vario 150 bisa cari di blog tetangga. Sedangkan untuk Wiring Diagram Speedometer Beat Street bisa klik link berikut ini. Sodara harus menyesuaikan jalur kabelnya agar semua bisa berfungsi.

Baca: Wiring Diagram Speedometer Beat Street Pin-Out Soket

Ketiga adalah sensor kecepatan sodara. Sangat berbeda jumlah pin atau magnetik yang digunakan untuk pembacaan kecepatannya antara speedometer Vario dengan speedometer Beat Street. Bila menggunakan standar Vario 150 maka angka yang muncul di speedometer Beat Street bisa 3x lebih cepat dari normalnya.

Sodara bisa ganti (kalo sodara bisa ya) pin atau magnetik milik Honda Vario menjadi milik Honda Beat Street. Kalo sodara tanya apakah PNP maka jawabnya kalo PNP bukan modifikasi om melainkan mengganti spare part hahaha… Namanya modifikasi pasti tidak bisa dilakukan di bengkel resmi. Biar kecepatan di speedometer Beat Street akurat, sodara harus mengganti jumlah pin atau sentuhan yang dibaca oleh sensor speedo, bukan sensor speedo-nya yang diganti.

Keempat adalah penyesuaian indikator pada speedometer Beat Street. Indikator yang ada di speedometer Beat Steet ada 4 sodara sedangkan di Vario diperlukan 5 indikator. Sodara bisa menggunakan indikator ECO sebagai ganti indikator ISS. Biasanya yang tidak kebagian adalah indikator temperatur. Sodara bisa memodifikasi sendiri untuk indikator temperature tersebut. Bisa ditaruh di dalam speedometer Beat Street atau terserah sodara bagaimana bisanya.

Baca juga: Modifikasi Speedometer Satria Injeksi di Honda Vario

Yang terakhir dan kabar baiknya adalah bar bahan bakar. Untuk bar bahan bakar speedometer Beat Street di Vario 150 akan langsung akurat apabila dipasang di motor Honda baik tipe baru maupun yang lama dengan catatan memiliki resistensi sebesar 510 ohm. Apabila sodara tidak melakukan penyesuaian maka indikator bahan bakar speedometer Beat Street di Vario 150 ini akan selisih sedikit. Ketika bahan dalam keadaan penuh maka bar tidak tampil penuh, apabila bahan bakar tersisa sekitar 1 liter maka bar sudah berkedip di speedometer Beat Street. Rasanya masih bisa ditolenrasi sodara hehehe…

Meskipun kelihatannya gampang, hati-hati ya sodara dalam pemasangan kalo dilakukan sendiri. Bagi sodara yang berdomisili di Surabaya dan sekitarnya bisa menuju Ron’s Project menemui bang Roni untuk melakukan modifikasi serupa pada motor kesayangan sodara. Sebelum diakhiri ada baiknya simak dulu video singkat Modifikasi Speedometer Beat Street di Vario yang sudah disesuaikan jadi akurat 100% :

 

Sekian dulu sodara untuk update Modifikasi Speedometer Beat Street di Vario 150 ESP. Kunjungi terus Blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru tentang modifikasi motor. Tetap minum kopi sodara biar tidak ada salah paham, tetap bermodifikasi, terima kasih, dan semoga bermanfaat.