Garasi Modifikasi – Halo sodara. Topik kali ini adalah kelanjutan modifikasi dari motor Om Kelpho yaitu Modifikasi Speedometer Sonic Fi di Honda CS1. Sebelum lebih lanjut, seperti biasa simak dulu beberapa penampakan berikut ini :

 

Ceritanya sebenarnya panjang sodara, tapi disingkat saja ya biar gak pusing bacanya. Awalnya speedometer Sonic Fi ini akan dipasang di motor Honda Kirana milik masbro Ryan, seperti yang sudah diceritakan pada artikel Wiring Diagram Speedometer Sonic Fi Soket Pinout. Bisa di-klik linknya bila sodara membutuhkan wiringnya.

Lihat juga: Wiring Diagram Speedometer Honda Sonic FI

Masbro Ryan berubah pikiran setelah melihat speedometer Satria FU Injeksi. Karena berubah pikiran akhirnya masbro Ryan menjual speedometer Sonic Fi ini ke om Kelpho yang sedang galau dengan speedometer apa yang akan dipasang untuk menggantikan speedo Koso yang sudah soak.

Motor Honda CS1 milik om Kelpho juga pernah tayang di Blog Garasi Modifikasi ini dengan artikel Modifikasi Honda CS1 Headlamp dan Speedometer, bagi yang belum baca silahkan di-klik linknya. Bagi yang sudah tau, Modifikasi Honda CS1 Headlamp dan Speedometer ini merupakan modifikasi lanjutan yang dilakukan oleh om Kelpho.

Speedometer Sonic Fi di Honda CS1 sudah sedikit dimodifikasi oleh bang Roni. Lampu LED diganti menjadi warna putih agar tampak semakin elegan sodara. Semua indikator pada speedometer Sonic Fi di Honda CS1 dapat berfungsi dengan sebagaimana mestinya. Hanya saja bang Roni belum memasang kabel untuk penunjuk gigi, sehingga belum berfungsi.

Sensor speedo tidak bisa menggunakan sensor speedo milik Honda CS1. Harus mengganti sensor speedo pada mesin seperti Honda Sonic Fi aslinya. Hanya saja oleh bang Roni sensor speedonya dipasang mengikuti putaran gigi belakang. Untuk penyesuaian speedo masih belum akurat karena belum ketemu jumlah gigi untuk sentuhan agar speedometer bisa akurat. Untuk indikator yang lain hanya penyesuaian saja, tidak serumit sensor speedo.

Untuk videonya belum bisa dibuat sodara, nanti kalo sudah dibuat pasti diupdate ya sodara. Biar tidak penasaran sepenuhnya berikut video singkat Speedometer Sonic Fi di Old Sonic :

 

Semua penyesuaian dalam modifikasi Speedometer Sonic Fi di Honda CS1 milik om Kelpho dikerjakan langsung oleh bang Roni sehingga hampir semua indikator berfungsi normal. Bagi sodara yang berdomisili di Surabaya dan sekitarnya bisa menuju Ron’s Project untuk melakukan modifikasi untuk motor kesayangan sodara.

Tidak hanya masbro Ryan yang keracunan speedometer Satria Injeksi. Saya juga keracunan sodara hahaha… Saya masih berpikir untuk mengganti speedometer NVL menjadi speedometer Satria FU Injeksi ini. Kalo memang jadi saya ganti, saya akan bikin semua fitur di speedometer Satria Injeksi ini berjalan akurat seperti aslinya pada motor kesayangan saya, King Vario.

Sekian untuk update kali ini tentang Modifikasi Speedometer Sonic Fi di Honda CS1. Kunjungi Blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru tentang modifikasi motor. Tetap minum kopi sodara biar tidak ada salah paham, tetap bermodifikasi, tetap semangat, terima kasih, dan semoga bermanfaat.