Garasi Modifikasi – Halo sodara. Kali ini yang menjadi topik adalah Modifikasi Supermoto Kian Diminati. Sebelum lebih lanjut sodara, seperti biasa mari simak beberapa penampakan berikut ini :

 

Modifikasi Supermoto kian hari kian diminati sebagai alternatif modifikasi. Semakin banyak yang menggunakan supermoto di jalanan. Pembeda motor trail dengan supermoto adalah pada kaki-kaki dan jenis ban yang digunakan. Supermoto harus bisa dipakai sehari-hari dan digunakan di jalan raya dengan nyaman dan aman.

Sebenarnya modifikasi supermoto sama halnya dengan mengubah motor hampir menyeluruh. Jangan salah dulu sodara, modifikasi supermoto ini belum tentu menghabiskan banyak biaya asal harus dikonsep dan dibatasi dengan dompet sodara. Kalo diikuti terus bisa menelan banyak biasa bahkan melebihi beli supermoto baru dari pabrikan.

Tidak ada aturan mau pakai motor apa dalam melakukan modifikasi supermoto. Dari jenis motor sport maupun motor jenis bebek. Selanjutnya adalah jenis sasis atau rangka motor, apakah sudah bisa dibuat supermoto atau tidak. Kalo tidak bisa, bearti sodara harus membuat rangkanya terlebih dulu.

Yang perlu diperhatikan lainnya adalah velg, jenis ban, skok, dan lengan ayun. Kalo ada budget pilih yang berkualitas agar hasil modifikasi supermoto kian mantab. Untuk velg, sangat direkomendasi menggunakan diameter 17 sodara. Selain itu, pilih velg yang bertapak lebar sehingga membuat ban semakin besar dan semakin nyaman digunakan.

Untuk skok depan, pilihannya jatuh pada skok milik Dtracker. Sedangkan lengan ayun belakang bisa menggunakan limbah motor besar seperti Yamaha YZ250F. Apabila sodara minim budget bisa menggunakan lengan ayun milik Megapro Robot. Untuk mesin standar aja sodara. Kalo dasar mesinnya bebek dan tidak ada koplingnya, disarankan untuk memasang kopling manual biar lebih mantab sodara…

Salah seorang yang menggunakan supermoto dalam sehari-harinya adalah masbro Anton, pemilik Garasi Modifikasi ini. Motornya adalah Karisma Supermoto dengan dasar mesin milik Honda Karisma.

Lihat juga: Modifikasi Karisma Supermoto Part 1

Karena masbro Anton gagal paham dengan bodi Honda Karisma, akhirnya motor dimodifikasi menjadi Supermoto. Menurut masbro Anton, akan lebih gahar naik Karisma Supermoto daripada naik Honda Karisma hahaha… Kemudian perawatan bodi lebih mudah setelah menjadi Karisma Supermoto.

Modifikasi supermoto milik masbro Anton menghabiskan biaya sekitar 13 juta. Itu sudah termasuk membuat rangka dan ongkos pemasangan. Jadi kalo dasar motor sodara adalah motor trail atau sport yang mendukung rangka supermoto pasti biaya menjadi lebih kecil. Menurut bang Roni, modifikasi supermoto ini minimal harus ada uang di dompet sebesar 6 juta.

Lihat juga : Modifikasi Karisma Supermoto Part 2

Sebagai catatan penting sodara, apabila melakukan modifikasi supermoto pastikan mekanik yang menangani sangat handal dan jangan berpindah dari mekanik satu ke mekanik lain. Apabila sodara berdomilisi di Surabaya dan sekitarnya bisa langsung ke Ron’s Project untuk melakukan modifikasi supermoto sesuai selera sodara.

Sekian sodara untuk update kali ini tentang Modifikasi Supermoto Yang Kian Diminati. Kunjungi Blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru tentang modifikasi motor. Tetap minum kopi sodara biar tetap semangat, terima kasih, dan semoga bermanfaat.