Garasi Modifikasi – Halo sodara. Sebenarnya masbro Anton sudah beberapa kali membahas masalah speedo Satria FU FI di Blog Garasi Modifikasi. Berhubung banyaknya pertanyaan yang masuk ke redaksi, jadi sekalian dibuat artikel biar bisa bermanfaat untuk sodara sekalian. Topiknya adalah Pasang Speedo Satria FU FI di Satria FU Karbu (Old). Seperti biasa sodara, sebelum lebih jauh mari lihat beberapa penampakan berikut ini :

 

Tidak bisa dipungkiri kalo speedo Satria FU FI memang mempesona. Selain sudah full-digital juga fiturnya yang sangat lengkap, mantab sodara… Beberapa pertanyaan yang masuk ke redaksi diantaranya apakah bisa pasang speedo Satria FU FI di Satria FU Karbu (old) atau bahkan di motor lain. Jawabannya adalah BISA, silahkan ke Ron’s Project

Apa saja penyesuaian Speedo Satria FU FI di Satria FU Karbu (old)?

Pertama, jelas soket speedonya sudah berbeda. Kalo sodara membeli speedo Satria FU FI yang sudah dimodif PNP dengan speedo Satria FU Karbu akan lebih mudah. Sudah banyak yang jual, tinggal sodara pilih aja yang terpercaya.

Lihat juga: Wiring Diagram Speedometer Satria FU Karbu Pinout Soket

Kedua, lihat fungsi Odometer di Speedo Satria FU FI. Kalo masih keluar CHEC berarti fungsi Odometernya tidak berfungsi. Kalo sodara percaya ke kami, silahkan kirim speedo Satria FU FI untuk dimodifikasi agar fungsi Odometernya bisa berfungsi normal. Ongkosnya cukup 200 ribu sodara…

Ketiga, tentang sensor speedometer. Apabila jumlah gigi/pin untuk sentuhan sensor speedo tetap menggunakan milik Satria FU Karbu (old) maka kecepatan yang muncul di Speedo Satria FU FI akan lebih lambat. Jumlah gigi/pin yang dibutuhkan untuk speedo Satria FU FI berjumlah 6, sedangkan milik Satria FU Karbu (old) berjumlah 4.

Keempat, indikator bahan bakar di Speedo Satria FU FI ketika dipasang di Satria FU Karbu (old) menjadi tidak akurat. Sodara perlu melakukan penyesuaian untuk indikator bahan bakar ini seperti pada motor aslinya. Posisi pelampung pada Speedo Satria FU FI menggunakan tahanan/resistor untuk menentukan posisi Fuel (penuh) atau Empty (kosong). Ketika posisi penuh tahanan/resistor berada pada 5-7 ohm sedangkan ketika posisi habis maka tahanan/resistor berada pada posisi 204-210 ohm.

Mentok dengan indikator bahan bakar di Speedo Satria FU FI tidak bisa akurat?

Jawabannya sederhana sodara, silahkan ke Ron’s Project. Bang Roni sudah bisa membuat speedo Satria FU FI ini akurat 100% ketika dipasang di motor lain termasuk Satria FU Karbu (old).

Lihat juga: Modifikasi Speedometer Satria FU Injeksi di Honda GL Akurat 100%

Bagaimana dengan Speedo Satria FU FI di motor lain?

Seperti yang ujar-ujar katakan, “Apa pun motornya, speedonya Satria FU FI.” Sama saja sodara, pada dasarnya bisa dipasang di motor kesayangan sodara.

Penyesuaiannya pun mirip atau bahkan sama dengan penjelasan di atas. Yang jelas, kalo motor sodara masih menggunakan gearbox depan, ganti dulu dengan sensor speedo milik Satria FU Karbu. Kalo speedonya masih analog, sodara juga harus mengakali sendiri untuk soket speedo agar bisa dipasang. Kalo motor aslinya sudah menggunakan sensor speedo digital maka yang diganti adalah jumlah gigi/sentuhan yang dibaca oleh sensor speedo tersebut, bukan sensor speedo-nya yang diganti.

Lihat juga: Modifikasi Sensor Speedo Digital Pada Motor Lama

Biar sodara percaya, simak dulu video singkat speedo Satria FU FI yang terpasang di Honda GL Max yang notabene motor lama, masih analog, tetapi semua fungsi bisa berfungsi dan malah akurat 100% layaknya motor aslinya :

 

Bagi sodara yang domisili di Surabaya dan sekitarnya silahkan menuju Ron’s Project untuk modifikasi pemasangan speedo Satria FU FI di motor kesayangan sodara. Untuk biaya pemasangan speedo Satria FU FI sebesar 150 ribu dengan catatan tidak pasang sensor speedo dan lain-lain, cuma pasang tok sodara…

Kalo lengkap (speedo Satria FU FI modal/bawa sendiri) biaya pemasangannya sodara perlu merogoh kocek sebesar 600ribu. Kalo dihitung-hitung, untuk pasang speedo Satria FU FI ini dibutuhkan kurang lebih dana segar sebesar 1 juta sodara.. Kalo dompet sodara masih sobek, kumpulin aja dulu daripada banyak konsultasi no aksi… Jauh lebih baik sedikit konsultasi langsung beraksi…

Sudah kepanjangan sodara… Sekian dulu ya sodara untuk update kali ini tentang pasang Speedo Satria FU FI di Satria Karbu (old) maupun di motor lain. Kunjungi terus Blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru tentang modifikasi motor. Tetap minum kopi sodara biar tetap semangat, terus bermodifikasi, terima kasih, dan semoga bermanfaat.