Garasi Modifikasi – Halo sodara. Topik kali ini membahas tentang motor Vixion yang berbeda generasi. Generasi pertama Yamaha Vixion (Old Vixion) dan generasi berikutnya yaitu Yamaha New Vixion Lightning (NVL). Seperti biasa, sebelum lebih jauh mari simak penampakan di bawah ini :

 

Tepat sekali, yang dibahas adalah pasang speedometer NVL di Old Vixion. Seperti yang diketahui semua bahwa Old Vixion masih menggunakan sistem analog dalam membaca kecepatan di roda depan. Berbeda dengan New Vixion Lightning yang sudah menggunakan sensor kecepatan yang ditaruh di dalam mesin mengikuti putaran roda belakang.

Sebenarnya ini barang lama. Sudah mulai usang dan jamuran. Bukan sesuatu yang baru untuk dibahas. Sudah ada yang berhasil pasang speedometer NVL di Old Vixion, tapi kendala besarnya adalah di sensor kecepatan. Banyak yang tidak menggunakan sensor kecepatan, jadi kecepatan di speedometer tidak berfungsi. Berandai ini itu sampai dengan menghitung sinyal sinus agar sensor kecepatan bisa berfungsi di speedometer NVL. Mungkin kurang jauh belajarnya dan kurang banyak minum kopinya hahaha…

Beberapa hari lalu, saya berkesempatan nongkrong bareng masbro Anton dan kebetulan juga lagi bersama bang Roni. Jawaban masbro Anton, pasti bisa berfungsi sensor kecepatannya dan bahkan mendekati keakuratan pada motor aslinya. Setali tiga uang, bang Roni juga menjawab memang sedikit lebih rumit menaruh sensor kecepatan di dalam mesin Old Vixion untuk mendekati atau bahkan seakurat pada motor aslinya.

Masbro Anton menambahkan kalo ditaruh di luar mesin mengikuti putaran roda belakang pasti hasilnya tidak bisa akurat 100%. Entah lebih cepat atau lebih lambat. Karena memang motor keseharian masbro Anton, Honda Vario 110cc karbu yang biasa dia sebut King Vario juga menggunakan speedometer NVL dan semuanya berfungsi. Walaupun kecepatannya tidak akurat 100% tapi tetap berjalan.

Baca : Honda Vario 110cc Menggunakan Speedometer NVL

Gimana sodara, sudah dapat gambarannya tentang sensor kecepatan agar bisa berfungsi ketika pasang speedometer NVL di Old Vixion? Pertama, ditaruh di dalam mesin Old Vixion seperti motor aslinya. Kelebihannya kecepatan menjadi lebih akurat dan kekurangannya adalah pemasangannya sangat rumit. Kedua, ditaruh di luar mesin mengikuti putaran roda belakang. Kelebihannya, pemasangannya yang relatif lebih mudah tetapi kekurangannya kecepatan menjadi tidak akurat.

Semuanya adalah pilihan dan konsekuensi dari modifikasi. Paling tidak, terjawab rasa penasaran bagaimana agar kecepatan bisa berfungsi ketika pasang speedometer NVL di Old Vixion. Seperti yang diketahui semua bahwa speedometer NVL memang memiliki desain khas, minimalis, simple, namun tetap elegan. Biar tidak penasaran, simak video singkat Speedometer NVL di Old Vixion dimana sensor speedonya ditaruh mengikuti putaran roda belakang :

 

Untuk biaya pemasangan juga berbeda sodara. Pemasangan sensor speedo di dalam mesin Old Vixion lebih mahal daripada yang ditaruh luar mesin mengikuti putaran roda belakang. Apabila sodara memasang sensor speedo seperti pada video di atas, maka ongkos pemasangannya 200 ribu saja sodara. Apabila ditaruh di dalam mesin seperti motor asli NVL maka biaya pemasangannya adalah 2 kali lipat, sekitar 400 ribu.

Bagi sodara yang domisili di Surabaya dan ingin pasang speedometer NVL di Old Vixion bisa langsung ke Ron’s Project, bertemu dengan bang Roni untuk lebih detilnya. Demikian update dari saya untuk topik Pasang Speedometer NVL di Old Vixion. Kunjungi blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru, tetap minum kopi biar tetap semangat, terima kasih, dan semoga bermanfaat.