Garasi Modifikasi – Halo sodara. Kali ini yang dibahas berbeda dari yang pernah ada selama ini di Garasi Modifikasi yaitu tentang Test Drive: Motec Tiger R3. Sebelumnya simak dulu penampakan-penampakan berikut ini :

 

Saya berkunjung ke kota Kediri. Jalan-jalan menikmati liburan akhir pekan bersama masbro Anton. Di sela-sela liburan, masbro Anton sempat melakukan Test Drive: Motec Tiger R3 yaitu sebuah motor listrik beroda tiga mirip seperti bajaj tapi bentuknya kecil. Seperti yang sodara lihat fotonya di atas.

Motec Tiger R3 ini bisa memuat maksimal 2 orang penumpang dan 1 orang sopir. Karena menggunakan listrik, maka motor dibekali aki kering 48V-20A dengan daya dinamo atau power motor sebesar 1000 Watt. Dengan kapasitas aki yang terisi penuh, Motec Tiger R3 ini mampu menempuh jarak sekitar 50km dan memiliki daya angkut sekitar 125 kg.

Untuk kecepatan sendiri, masbro Anton mencoba gas pol berada di kisaran 30km/jam. Padahal di website resmi tigercycle.com tertulis kecepatan maksimal 40km/jam. Kata masbro Anton, mlaku cuma 30km/jam wes ketok buanter (jalan 30km/jam sudah kelihatan sangat kencang) hahaha…

Beban berat maupun hanya sopir ternyata tidak berpengaruh banyak terhadap kecepatan maksimal. Bahkan motor lebih stabil dan nyaman dikendarai ketika beban lebih berat daripada hanya sopir saja. Masbro Anton belum mencoba seberapa tahan Motec Tiger R3 ini ketika berada di tanjakan, maklum bukan milik sendiri sodara hahaha… Pemilik Motec Tiger R3 ini adalah masbro Rudy warga Kota Kediri. Mungkin sodara yang berdomisili di Kediri sudah pernah lihat motor ini lalu lalang di kota Kediri.

Di dashboard Motec Tiger R3 terdapat beberapa switch yang mengatur motor. Switch untuk motor maju dan mundur, klakson, sein, lampu, dan wiper. Speedometer juga sudah digital. Dilengkapi dengan indikator kecepatan, indikator baterai, dan indikator sein. Di Motec Tiger R3 ini tidak dilengkapi dengan AC dan digital player, jadi harus pakai AC Jendela dan  smartphone sodara hehehe…

Untuk pengereman ada tiga sodara. Di stang dua, sebelah kanan dan kiri sedangkan yang satu berada di kaki kanan. Tuas rem di sebelah kiri dilengkapi dengan pengunci agar motor tetap berhenti ketika dalam kondisi parkir. Mirip seperti Honda Vario CBS 110 milik masbro Anton.

Baca juga: Modifikasi Honda Vario 110 Karbu

Memang Motec Tiger R3 ini tidak diciptakan untuk perjalanan jauh. Bisa dikatakan hanya untuk jarak dekat dan lebih cocok untuk jalan-jalan santai hehehe… Teknologi listrik masih sangat mahal sodara, jadi harga jual Motec Tiger R3 ini sebesar 32.5 juta. Kalo beli motor Honda GL100 sudah dapat dengan modifikasinya dan masih sisa lagi uangnya hahaha…

Baca juga: Modifikasi Sederhana Honda GL100 Injeksi

Biar tidak penasaran, simak dulu video singkat Test Drive Motec Tiger R3 di tanjakan yang berlokasi di Hotel Bukit Daun Kota Kediri Jawa Timur yang dilakukan langsung oleh pemiliknya :

 

Itu tadi menurut masbro Anton, bagaimana dengan sodara? Sekian dulu sodara untuk update kali ini tentang Test Drive: Motec Tiger R3. Kunjungi Blog Garasi Modifikasi untuk update modifikasi motor terbaru, tetap minum kopi biar semangat, terima kasih, dan semoga bermanfaat.