Garasi Modifikasi – Ini adalah artikel pertama untuk Child Blog Garasi Modifikasi. Saya menjadi kontributor untuk membantu masbro Fajar dan masbro Anton. Untuk topik pertama yang ingin saya bagikan adalah Tips Agar Motor Matic Tetap Irit Bensin. Seperti biasa, simak dulu beberapa penampakan berikut ini :

 

Keluaran motor Honda terbaru untuk matic adalah Honda PCX 2018 Lokal. Sedangkan motor Yamaha terbaru matic adalah Yamaha Lexi yang hampir bersamaan dengan Yamaha NMAX 2018 Facelift. Motor skutik terbaru tersebut sudah pasti mengusung teknologi agar motor matic tetap irit bensin alias tidak boros.

Lihat juga: Modifikasi Honda Vario 110 Karbu

Penggunaan motor matic memang sering memberikan kemudahan terutama dari aspek kenyamanan berkendara. Maka dari itu setiap pengendara motor matic harus bisa mengatur konsumsi bahan bakar agar motor matic tetap irit bensin meskipun motor matic yang digunakan adalah motor keluaran tahun lama.

 

Beberapa Cara Agar Motor Matic Tetap Irit Bensin

Pertama adalah atur durasi memanaskan mesin. Sodara cukup memanaskan motor matic kesayangan sodara selama 1-2 menit saja. Apabila terlalu lama maka bahan bakar akan terbuang sia-sia. Dengan memanaskan mesin yang efektif maka sodara menghemat bahan bakar sehingga motor matic tetap irit bensin.

Kedua adalah atur putaran gas. Jadi agar motor matic tetap irit bensin sodara perlu mengatur putaran gas. Jangan menggeber motor matic secara tiba-tiba bahkan sampai tidak memperhatikan irama gas secara tepat. Penggunaan motor dengan menarik gas secara konstan tersebut berdampak kurang baik terhadap konsumsi bahan bakar motor matic sodara.

Ketiga adalah pastikan bahan bakar yang sodara gunakan memiliki kadar oktan tinggi. Langkah ini adalah langkah yang paling mudah dalam menjaga agar motor matic tetap irit bensin. Selain mudah, efeknya juga langsung berasa dengan performa mesin. Minimal sodara harus mengisi bahan bakar yang memiliki kadar oktan 92.

Keempat adalah hal-hal kecil yang sering dilupakan agar motor matic tetap irit bensin. Misalnya kelebihan beban, karena memang motor matic enak ketika digunakan membawa beban. Kemudian, jangan lupa periksa ban. Ban kempos juga akan mempengaruhi irit borosnya motor matic sodara. Terakhir adalah selalu rutin servis atau ganti oli agar performa mesin tetap terjaga sehingga motor matic tetap irit bensin.

Baca juga: Upgrade Yamaha NMAX Lama Seperti Yamaha NMAX 2018

Sekian dulu ya sodara untuk topik kali ini tentang Tips Agar Motor Matic Tetap Irit Bensin. Kunjungi Blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru tentang modifikasi motor. Tetap minum kopi ya sodara biar tetap semangat, terima kasih, dan semoga bermanfaat.