Garasi Modifikasi – Seperti yang sudah-sudah, kali ini melengkapi wiring diagram speedometer motor yang belum. Kali ini yang dibahas adalah Wiring Diagram Speedometer New Megapro. Seperti biasa, sebelum lebih lanjut mari simak bersama penampakan di bawah ini :

 

Berikut ini adalah keterangan Wiring Diagram Speedometer New Megapro :

1. Sensor Speedo (Gearbox Kabel Hitam)
2. Negatif (-)
3. Sensor Bahan Bakar
4. Lampu Sein Kanan
5. Aki
6. Lampu Sein Kiri
7. Kosong
8. Positif (+) dari Kontak
a. Sensor Speedo (Gearbox Kabel Putih)
b. RPM
c. Kosong
d. Kosong
e. Kosong
f. Sensor Speedo (Gearbox Kabel Pink)
g. Indikator Netral
h. Indikator Lampu Jauh

Speedometer New Megapro ini tergolong mudah dalam modifikasi dan sudah tergolong speedometer digital. Mudah dalam hal mengganti speedometer New Megapro dengan speedometer motor lain seperti speedometer Honda CB150R Facelift. Begitu pula sebaliknya, memasang speedometer New Megapro pada motor lain sebut saja Megapro lawas yang masih analog.

Sebut saja masalah sensor speedo (gearbox) yang cenderung mudah pemasangannya pada roda depan motor Honda lama seperti Honda Supra, Grand, Megapro lawas, Tiger tentunya, dan sejenisnya. Tinggal plug and play, bahasa kerennya PNP sodara, mudah kan hehehe…

Tampilan speedometer New Megapro ini cukup bagus, keren, dan informative. Terlebih di speedometer New Megapro ini ada tampilan jam digitalnya, mungkin ini yang menjadi daya tarik tersendiri selain memang menjadi salah satu speedometer yang mudah diaplikasikan pada motor lain selain speedometer Yamaha Byson. Tunggu saja update untuk Wiring Diagram Speedometer Yamaha Byson.

Justru hal sebaliknya jika sodara bertanya bagaimana dengan speedometer New Megapro Fi. Kendalanya adalah jam digitalnya sering reset apabila sumber listriknya dilepas. Yang pasti lebih rumit sodara daripada speedometer New Megapro edisi ini. Perbedaan lainnya adalah pada indikator MIL. Speedometer New Megapro tidak ada indikator MIL karena masih menggunakan karburator.

Untuk soket speedometernya sama persis dengan soket speedometer milik Honda Supra X 125, Honda Verza, Honda CB150R Old atau Facelift, sampai Yamaha NVL. Jadi apabila sodara ingin mengganti dengan speedometer milik motor tersebut bisa lihat wiring diagramnya masing-masing. Tentunya yang paling rumit adalah speedometer NVL.

Sekian dulu update tentang Wiring Diagram Speedometer New Megapro. Nantikan update berikutnya. Kunjungi Blog Garasi Modifikasi untuk update tentang modifikasi motor. Jangan kemana-mana, tetap minum kopi biar tambah semangat, terima kasih, dan semoga bermanfaat.